Tuesday, August 1, 2017

Perlengkapan Memulai Bullet Journal

Apa saja sih yang diperlukan dalam memulai Bullet Journal ini??

Oke, pertama yang terpikirkan ketika akan ada ide untuk menulis adalah

1. Buku
Buku merupakan salah satu unsur penting untuk Bullet Journal-ing. Buku yang bisa dipakai dalam membuat Bullet Journal adalah semua buku. Buku tulis ada yang berupa kotak kotak, bergaris maupun berupa tik titik kecil. Jika di luar negeri, kebanyakan orang menggunakan buku titik titik. Memang terlihat hasil yang bagus pada Bullet Journal tersebut. Tetapi karena kita berada di Indonesia, ada beberapa pilihan buku yang bisa kalian dapatkan. Diantaranya buku tulis kotak kotak (yang biasa digunakan untuk matematika), atau buku yang bermerk seperti Moleskine atau juga bisa menggunakan Leuchtturm 1917. 





Sebenarnya enak mana sih Moleskine atau Leuchtturm atau buku biasa?? Untuk ini saya akan membahas di blog saya berikutnya, jadi stay tune ya.. Di Indonesia kita dapat mendapatkan buku Moleskine di Bookstore mana aja atau bahkan kita dapat membeli secara online di Moleskine. Untuk Leuchtturm 1917 memang masih susah di Indonesia, akan tetapi saya menemukan Leuchtturm 1917 squared (kotak-kotak) di toko buku di Surabaya di Grand City dengan harga yang terjangkau. Untuk saat ini saya hanya bisa titip ke teman atau saudara yang berada di luar negeri.


2.          Pena
Untuk menulis, tentu saja memerlukan alat tulis berupa pena, pensil dan perlengkapannya. Nah disini peralatan menulis yang saya gunakan adalah bolpoint hitam (merk terserah, yang penting enak digunakan), PENCILTIC, Sarasa, Faber Castle Connector Pen, Tombow dual brush, Staedler Fineliner, dan Stabilo point 88 dan 68. 







Sebenarnya ini terserah dari kita sebagai penulis akan menggunakan alat apa saja. Akan tetapi tergantung dari buku yang kita gunakan juga. Karakter kertasnya bagaimana apakah ghosting atau bagaimana.. Nah untuk ini, tunggu blog selanjutnya ya teman. Di blog selanjutnya akan saya kupas tuntas review setiap pen yang saya punya di kertas moleskine dan leuchtturm 1917. 

Semua pena yang saya gunakan dapat ditemukan di Bookstore terdekat kok, jadi jangan pikir susah mendapatkannya. Mungkin untuk Tombow dual brush memang sedikit susah untuk dicari, tetapi banyak yg jual di instagram, so cari di Instagram.. HAhahaha

3. Penggaris
Penggaris yang harus dipunya adalah penggaris 20 cm dan busur. Mengapa diperlukan busur?? Tidak terlalu penting sebenarnya untuk busur, akan tetapi bagi yang menyukai kerapian, tentu saja perlu.. Apalgi jika ingin membagi lingkaran menjadi beberapa bagian. Benar kan?? Seperti saya yang menyukai kerapian. hahahaha...

4. Jangka
Jangka yang diperlukan yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dan tentu saja yang bisa diganti mata pensilnya dengan bolpoint. Jangka bisa didapatkan dimana saja dan banyak yang murah meriah. Tidak perlu yang harga mahal.


5. Washi Tape
Ini digunakan untuk mendekor dari layout yang akan dikerjakan. Akan tetapi saya tidak pernah menggunakan washi tape ini, karena saya menyukai layout yang buatan tangan tidak tempel tempel. Hehehe... Washi tape dapat didapatkan di mana saja. Saat ini hampir semua bookstore di Indonesia menjual washi tape dengan beraneka ragam motif.

6.Penghapus
Important thing... Apabila terjadi kesalahan dalam mensketsa layout, tinggal hapus saja dengan penghapus. Iya kan??

That’s all dan selamat memulai membeli perlengkapan Bullet Journal dan selamat memulai jurnaling.



STAY TUNE untuk Postingan selanjutnya ya...

5 comments:

  1. Hai kak, toko buku apa namanyaa yang du gc? Makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAi juga, maaf baru bisa balas hari ini.. Kalau tidak salah nama tokonya officeone. Disana hanya menjual leuchtturm yang squared..

      Delete
    2. Wah, aku lagi bahan bikin ginian nih..thks

      Delete
  2. ka, untuk online kira-kira apa nama web atau nama store-nya?

    ReplyDelete
  3. ka, untuk online kira-kira apa nama web atau nama store-nya?

    ReplyDelete