Tuesday, August 8, 2017

PART 2: Perbedaan antara Moleskine dan Leuchtturm 1917

Part 2 hadir di postingan ini, kalau masih ingat postingan sebelumnya, saya membahas 5 perbedaan utama dari Moleskine dan Leuchtturm 1917. Nah sekarang disini akan dibahas sampai detil kecil dari kedua buku tersebut. Simak baik baik ya.. siapa tahu menjadi pertimbangan kalian dalam membeli buku untuk bullet journal.. ^^


1. Cover
Cover kedua buku yang disediakan oleh pihak produksi ada 2, yaitu softcover dan hardcover. Dari kedua jenis cover tersebut, saya lebih memilih menggunakan hardcover. Alasannya adalah karena setiap dibawa ke travelling, biasanya tas yang digunakan penuh sehingga akan merusak atau melipat kertas didalam buku yang softcover. Jadi saya menyarankan untuk menggunakan buku yang hardcover, meskipun lebih mahal sedikit.. Dan keunggulan hardcover adalah lebih nyaman dilihat jika kita meletakkan buku tersebut di rak lemari.

2. Elastic band
Setiap buku mempunyasi elastic band. Elastic band di Moleskine tidak serapat milik Leuchtturm 1917. Elastic band di Moleskine lebih lentur dibandingkan Leuchtturm 1917. Semua nya masih bagus, karena tidak membuat buku terbuka.

3. Kantong kecil di belakang
Kedua buku mempunyai kantong kecil di belakang yang digunakan untuk meletakkan persediaan stiker atau lainnya yang dibutuhkan saat menulis BuJo. Kalau saya tidak ada isinya karena kurang suka memakai stiker.. Hehehe..



4. Index
Pada buku Moleskine kita tidak mendapatkan lembar halaman untuk index, jadi kita harus membuat sendiri layout untuk index. Sedangkan Leuchtturm 1917, sudah ada layout untuk index, akan tetapi hanya 3 halaman, jadi bagi yang lebih dari 3 halaman harap membuat sendiri layout. Tenang saja, di Leuchtturm ada halaman kosong yang bisa digunakan untuk menyalin layout index.. ^^ dan letaknya pun sebelum index jadi pas banget..





5. Label
Pada saat pembelian Leuchtturm 1917, kita akan mendapatkan label yang dapat digunakan pada buku kita.. Sedangkan Moleskine tidak menyediakan label tersebut. Sehingga bagi yang mempunyai buku Moleskine, dapat mengambil label yang tersedia pada Leuchtturm 1917 karena label nya cukup banyak setiap buku. Label ini dapat kita tulis dengan kode buku atau periode buku tersebut.


6. Penjilidan
Dalam masalah penjilidan buku, memamng terlihat lebih rapi Leuchtturm 1917 daripada Moleskine. Apabila sudah terpakai lama, terlihat jilidan Moleskin longgar dan ada halaman yang mulai lepas (menurut pengalaman saya). But Overall Moleskine good enough lah ya...



Sudah lengkap seluruhnya pembahasan perbedaan kedua buku yang sangat dicari di dalam dunia per Bullet Journal an... MOLESKINE vs LEUCHTTURM 1917. Nah sekarang saatnya kalian memilih diantara kedua buku itu atau membeli keduanya untuk dicoba, karena tanpa dicoba tidak akan pernah tahu apa perbedaan sebenarnya.. ^^


SEE YOU in NEXT POST

No comments:

Post a Comment