Friday, August 4, 2017

5 Perbedaan Moleskine dan Leuchtturm 1917 (Part 1)



Hai semuanya, selamat datang di blog saya yang terbaru.. Di postingan kali ini saya akan memberitahu, mengupas tuntas mengenai dua buku yang sangat terkenal di kalangan BuJo Lovers... ^^, Yeah buku tersebut adalah Leuchtturm 1917 dan Moleskine... Memang pada kenyataannya Bullet Journal Sistem bisa dilakukan atau ditulis dibuku apa saja, baik buku tulis yang biasa digunakan oleh anak sekolah maupun buku tulis lainnya yang tersedia di semua buokstore.. Akan tetapi BuJo Lovers di Luar negeri terutama di negara barat banyak yang menggunakan buku merk Leuchtturm 1917 ini. Nah agar tidak banyak tulisan lagi, mari kita simak penjelasan mengenai perbedaan kedua buku ini. Oya saya membuat 2 part untuk perbedaan kedua buku ini.. Keep reading guys...


1. Ukuran
Yang pertama akan dibahas adalah mengenai ukuran kedua buku. Moleskine berukuran 5” x 8,25” atau dalam cm nya adalah 12,7 cm x 20,955 cm. Sedangkan Leuchtturm 1917 berukuran 5,71” x 8,27” atau 14,5034 cm x 21,0058 cm. Dari sini terlihat bahwa memang lebih besar dimensi Leuchtturm 1917 daripada Moleskine. Semua tergantung dari masing masing BuJo Lovers, apakah cocok dengan dimensi masing masing buku, apalagi apabila dibawa bepergian. Menurut pendapat saya, dari ukuran kedua buku tersebut tidak ada masalah sama sekali. Keduanya masih bisa dibawa travelling (bagi yang suka travelling dan ga mau ketinggalan mengisi BuJo).. Hehehehe...

(Buku hitam adalah Moleskine, sedangkan Buku Hijau adalah Leuchtturm 1917)

2. Variasi model kertas
Model kertas yang dimaksud disini adalah jenis isian halaman setiap buku. Kedua buku tersedia dalam 4 pilihan, yaitu plain (kosong), ruled (bergaris), dotted (titik titik), dan squared (kotak-kotak). Karena saya hanya mempunyai kedua buku dengan isian kotak kotak, jadi saya akan memberitahu kalian perbedaanya. Untuk Moleskine, kotak kotak terlihat lebih jelas dibandingkan kotak kotak pada Leuctturm 1917 (jadi perbedaan di produksinya kali ya). Untuk ukuran kotak kecilnya sama yaitu 0,5 cm x 0,5 cm. Karena ukuran buku Leuchtturm 1917 lebih besar, otomatis isian kotak kecil pada Leuchtturm 1917 lebih banyak jumlahnya. Dalam hal ini jumlah kotak per halamannya. Meskipun Moleskine lebih jelas kotak kotaknya, akan tetapi tidak ada masalah dalam penggunaannya, dan menurut pendapat saya, terlihat semakin rapi jika menulis di Moleskine..




3. Harga
Harga disini saya bandingkan dari harga dimana saya mendapatkan buku tersebut. Jadi mungkin bisa dilihat sendiri harganya karena bisa jadi berubah harga. Untuk Moleskine, saya dapatkan dari online store Moleskine seharga Rp. 279.000,00. Sedangkan Leuchtturm 1917, saya mendapatkannya dari toko buku di Surabaya (Office 21) letaknya di Grand City seharga kurang lebih Rp. 250.000,00 (waktu saya beli ada diskon 30% jadi borong banyak). Memang susah untuk mendapatkan Leuchtturm 1917, jadi karena tersedia squared dis ana, ya saya beli lah.. ^^

4. Jumlah Halaman
Masing masing buku berbeda dalam jumlah halamannya. Untuk Moleskine memang tidak ada penomoran halaman dari sana, jadi saya harus menuliskan angka halaman ke setiap kertas, dan jumlah total sampai halaman terakhir adalah 224 halaman. Sedangkan Leuchtturm 1917 yang sudah ada angka setiap halamannya, berjumlah 249 halaman. Dalam hal ini menurut saya lebih menang Leuchtturm 1917.. Yeyyy!!

5. Berat Kertas

Untuk maalah ini, saya mendapatkan keterangan dari website, berat kertas Moleskine adalah 70 gsm, sedangkan berat kerta Leuchtturm 1917 adalah 80 gsm. Ketebalan dari kertas suatu buku merupakan indikator kita untuk menggunakan tinta yang cocok. Untuk itu di postingan selanjutnya saya akan menjelaskan / sedikit mereview tentang ini.. So stay tune guys...

Itu adalah beberapa perbedaan yang mencolok dari kedua buku tersebut. Pada part 2 (selanjutnya) saya akan menjelaskan beberapa perbedaan lainnya.. Thx for reading...

Thank's for Reading

No comments:

Post a Comment