Friday, August 25, 2017

Swatches stationery in Leuchtturm 1917 !!

Welcome to my new blog post...

Pasti sudah tau dari judul diatas apa isi dari postingan ini... ^^ Swatches pen di buku yang cukup dikenal di kalangan BuJo Lovers, yaitu Leuchtturm 1917. Dari postingan sebelumnya tentang swatches pen pada Moleskine, didapatkan beberapa pen atau marker yang ghosting, nah bagaimana pada kertas Leuchtturm 1917??

Berikut adalah hasil swatch beberapa stationery yang saya punya:




Entah mengapa di hampir semua bolpoin atau marker yang saya coba di kertas Leuchtturm 1917 menyebabkan ghosting pada halaman berikutnya. Kemungkinan karena saya men swatch di halaman paling belakang dimana agak berbeda bahan kertasnya dari yang lain.

Berikut adalah hasil tulisan saya di beberapa halaman di depan, dan hasilnya cukup memuaskan. Sedikit ghosting dan masih bisa di toleransi.




Pada halaman berikut, terjadi ghosting parah dibelakangnya karena kemungkinan cara menggunakan teknik dengan tombow yang salah. Akan tetapi saya akan mencoba menggunakan teknik tersebut sampai menemukan teknik yang tepat. Dan nantinya pasti akan saya posting. So wait and see...




Dan untuk kelunturan tinta, sangat dipengaruhi oleh tingkat penyerapan kertas tersebut dan dari ke waterproofan tinta tersebut. Dalam BuJo saya, Sarasa yang sudah ditunggu kering, ketika ditindih dengan menggunakan Tombow, terjadi smearing.. Dari semua bolpoin yang saya gunakan, hanya 1 yang tidak smearing yaitu menggunkan bolpoin smart office. Sehingga, sekarang apabila ingin mewarnai dengan Tombow saya harus menggunakan bolpoin smart office. Jadi harus pintar pintar menggunakan dan memilih bolpoin saat menulis di kertas..

OK, Semua swatch sudah selesai dan semua kembali ke anda sebagai pembaca dan pengguna BuJo. Mungkin yang saya swatch akan berbeda di anda karena perbedaan tekanan dalam menulis dan sebagainya. Pakailah yang sesuai dengan anda dan kertas anda.


Bullet Journal 4ever


No comments:

Post a Comment