Friday, August 18, 2017

Sedikit Cara Pemilihan Ink, Pen atau Marker untuk BuJo..

W A R N I N G : Semua yang ditulis disini adalah menurut pendapat saya, jadi tidak ada literatur yang mengatakan seperti yang saya tulis pada postingan kali ini.. ^^ ENJOY IT!!

Pastinya sudah tahu bahwa dalam per BuJo an memerlukan yang namanya alat tulis, apalagi bolpoin dan marker, bahkan brush pen yang lagi nge-hits saat ini di dunia kaligrafi dan lettering. Nah disini karena saya mempunyai 2 buku yang digunakan untuk BuJo, yaitu Moleskine dan Leuchtturm 1917, saya akan mereview bagaimanakah memilih bolpoin atau tinta atau marker pada kertas masing-masing buku.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa berat kertas sangat menentukan apakah tinta yang dipakai akan MBLOBOR atau ghosting atau tidak. Perlu dilihat kembali pada postingang perbedaan Moleskine dan Leuchtturm 1917 mengenai berat kertas ya diSINI... Check dulu, pastikan kalian sudah pernah membacanya dan meresapinya.. Wkakakaka..... (Modus menambah views).


Untuk pertama, ada beberapa faktor yang menurut saya dapat menjadi kriteria dalam pemilihan pulpen atau tinta atau kertasnya pada saat kita mencoba atau men-swatches bolpoin atau marker yang kita beli. Diantaranya:

   1.   Ghosting atau tidak
Disini artinya ghosting adalah timbul bayangan atau terlihat di halaman berikutnya. Semakin jelas terlihat di halaman berikutnya semakin jelek kualitas kertas dan menurut saya tidak bisa dipakai antara bolpoinnya atau kertas tersebut. Jadi ya lebih baik mencari kertas lain atau bolpoin lain. Karena pasti tidak nyaman dalam membaca buku tersebut ketika ada bayangan dari tulisan halaman sebelumnya.


   2.  Kekeringannya
Semua bolpoin atau tinta atau marker mempunyai waktu yang berbeda dalam kekeringan tinta. Ada yang cepat kering, bahkan ada yang perlu waktu untuk kering sehingga kita wajib menunggu beberapa second untuk melanjutkan ke halaman berikutnya atau meneruskan kalimat yang sudah kita tulis. Pastinya tidak nyaman kalau setelah kita tulis kalimat, kemudian terkena tangan kita geser dikit, dan luntur kemana mana.. Bayangkan jika kalian wanita pakai makeup luntur kemana mana, apa tidak apa apa?? Hahahahahaa.. Sama saja dengan pecinta BuJo, semakin rapi bukunya semakin merefreshkan pikiran (MENURUT SAYA).


   3. Kelunturannya / waterproof
Meskipun sudah kering, kita tetap wajib melihat apakah bolpoin atau tinta atau marker tersebut apabila terkena air atau tinta lain, akan luntur. Nah, jadi meskipun sudah kering (terkena geser tidak rusak tulisannya) kadang dalam dunia per-BuJo an, pasti ada yang menggunakan cat air untuk dekorasi dan ada pula yang menggunakan pen brush (lagi nge-Hitz). Biasanya ada bolpoin yang telah kering, ternyata setelah di double dengan pen brush akan luntur kemana mana dan membuat ujung brush berwarna seperti tinta tersebut. Nah, bikin pusing kan kalau sudah begini, repot membersihkannya dan tampaknya jadi jelek... Untuk itu sebelum kita mendekor, kita harus memastikan bolpoin mana atau tinta atau marker mana yang tidak akan luntur setelah terkena air. 

Semua diatas merupakan teori yang saya dapatkan selama ini, meskipun tidak ada teori pastinya. Tapi semoga bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang suka design dalam BuJo atau hand lettering atau bahkan kaligrafi...

Mungkin untuk review pen yan saya gunakan, akan saya post di postingan selanjutnya ya... Penasaran dengan hasilnya?

Stay Tune, Keep Read dan Happy BuJo-ing People

Untuk bocoran bolpoin, tinta atau marker yang saya gunakan adalah:
1. Staedtler Triplus Fineliner
2. Penciltic Zebra
3. Sarasa Zebra
4. Snowmann Spidol
5. Tombow Dual Brush
6. Lyra Aqua Brush
7. Snowmann Brush
8. Smart Office
9. Rolly & Friend
10. Stabilo Point 88
11. Faber Castle Connector Pen
12. Pilot G-1
13. Gelly Roll
14. Satbilo Point 68
15. KOI Coloring Brush
16. Snowmann Permanen Marker

🔄WAIT FOR IT🔄

No comments:

Post a Comment