Friday, September 1, 2017

BuJo 911: Calendex



Dalam per BuJo an, banyak ide ide layout yang dapat digunakan, anatara lain untuk weekly, untuk daily, dan sebagainya. Calendex merupakan salah satu ide yang dapat kita gunakan.

Mungkin di antara kalian sering mendengarkan kata kata ini dalam dunia per BuJo an. Sebenarnya apakah itu?

Nah, pertama, CALENDEX adalah perpaduan antara Index dan Calender. Jujur saja, awal Januari saya baru memulai menggunakan Bullet Journal sistem dan saya mencari banyak opsi untuk mengisi buku BuJo saya. Nah dari situ saya mengetahui ada namanya Calendex ini dari Boho Berry. Dan ternyata Boho Berry mencontoh ide ini dari Eddy Hope. Eddy merupakan orang yang menciptakan Calendex. Untuk mengetahui ceritanya bisa klik di masing masing nama tersebut ya..
Untuk itu mari baca penjelasan saya mengenai calendex dan bagaimana mengisinya.



Dari gambar tersebut, dapat dilihat bahwa saya membuat layout berupa kolom kolom yang diberi judul nama bulan. Pada buku pertama saya (Moleskine) saya membuat 12 bulan sekaligus. Di sebelah kiri, kita menulis tanggal 1-31. Kadang disertai dengan inisial hari, misal Senin disingkat S dan seterusnya (optional).



Setelah selesai menggambar layut tersebut, mari lanjutkan dengan bagaimana mengisi kolom tersebut. Pada setiap bulan, tanggal tidak selalu berakhir tanggal 31, untuk itu kita membatasi sampai tanggal terakhir setiap bulannya dengan menggarisnya. Dan sisa nya kita dapat memberi blok hitam atau sesuai dengan selera anda.



Kemudian, setiap 7 hari kita beri batas agar mudah mengenali harinya. Terserah anda mau membatasi antara sabtu minggu ataukah minggu senin. Secara umum biasanya BuJo lovers membatasi diantara hari sabtu dan minggu.



Setelah selesai semua layoutnya, kita memikirkan kode warna yang akan kita gunakan untuk mengisi calendex ini. Dan perlu dipikirkan jenis kegiatan apa saja yang bisa digunakan. Seperti yang telah saya gunakan, saya mnggunakan 5 jenis kegiatan dan 5 kode warna, yaitu event carreer, event personal, holiday, Birthday dan appointment.



Akhirnya layout calendex sudah selesai semuanya.. Nah bagaimana pengisian kolom tersebut? Baiklah, semisal anda di hari ini merencanakan akan ada event career di bulan depan, nah kalian pasti menulis di daily spread agar tidak lupa. Setelah menulis di daily spread, lihat halaman dimana plan anda tertulis. Lalu buka Calendex dan tuliskan di bulan plan tersebut dan tanggal plan tersebut. Kemudian beri lingkaran atau kotak atau sesuai keinginan anda dengan warna sesuai kode yang sudah ditentukan. INGAT, yang ditulis merupakan halaman dimana plan anda tertulis di daily spread. Begitu seterusnya hingga habis buku BuJo kalian. Mudah bukan.


SARAN:
Setelah pengalaman menyelesaikan 1 buku BuJo, saya mengubah sedikit layout dari calendex yaitu dengan menggambar 6 kolom, jadi hanya untuk 6 bulan saja. Mengapa demikian?? Karena ternyata dalam satu buku BuJo tidak cukup diisi untuk 12 bulan daily spread dimana menyebabkan calendex kosong beberapa bulan dan hal ini sangat disayangkan (HEMAT) hahahaha. Jadi di buku BuJo kedua, saya membuat Calendex dengan 6 bulan. Tetapi kemungkinan akan terjadi perubahan bisa saja terjadi.
Selain itu, kalian harus membagi jenis kegiatan secara umum jangan terlalu personal dan sehingga membuat terlalu banyak kode warna dimana akan menyulitkan kalian sendiri.

KEUNTUNGAN:
Banyak keuntungan yang didapat dari sistem calendex ini, diantaranya semua plan yang jauh didepan dapat terdaftar dan tidak akan tertinggal.
Segala sesuatunya menjadi teratur.
Tahu kegiatan apa yang sangat peting dan tidak.

DEMIKIAN, blog post mengenai CALENDEX, semoga bermanfaat.. Dan selamat mencoba layout ini.

CALENDEX


No comments:

Post a Comment