Thursday, September 28, 2017

Bujo 911: Mandala




Mungkin dalam dunia Bullet Journal sering mengenal yang namanya MANDALA.. Ya, Mandala berasal dari bahasa sansekerta yang berarti lingkaran. Dalam bullet journal bukan hanya sekedar menggambar saja sebenarnya, tetapi bisa digunakan sebagai wadah untuk menenangkan diri juga. Nah untuk itu sebaikn ya kita mengenal istilah MANDALA terlebih dahulu.



 Ada beberapa arti mengenai Mandala, pertama, seni desain asian timur yang melambangkan alam semesta, dengan berpola pada lingkaran/titik sumbu sebagai pusatnya. Kedua, istilah sansekerta untuk diagram yang melambangkan alam semesta, dan yang terakhir, lingkaran / daerah / wadah / tempat / wilayah / bejana. Menurut science, tubuh kita adalah energi yang terdiri dari partikel, atom, molekul, dan DNA. Lukisan ini juga menghasilan energi tertentu yang terdiri dari perpaduan sacred geometry dan warna-warna. Saat kita melihat lukisan ini akan terjadi penyelarasan energi di antara keduanya yang mendatangkan efek tertentu. Efek ini berupa transformasi diri, peluang, ide-ide, kejadian mengagumkan, dan masih banyak lagi.


Dalam membuat mandala, mungkin ada bentuk-bentuk kotak maupun segitiga di sebuah mandala, tetapi seluruh mandala harus memiliki struktur yang konsentris. Segala sesuatu di mandala harus seimbang dan harus memberikan nuansa tertentu. Mandala ini biasanya membantu seseorang menjalani perjalanan rohani mereka dengan mudah. Ada sejumlah cara untuk menggunakan mandala, walaupun tiap-tiap cara hanya berbeda sedikit antara satu dengan yang lainnya. Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menggunakan mandala adalah memutuskan apa yang diinginkan dengan membuat mandala. Misalnya, jika ingin mandala yang dapat menenangkan pikiran, selama proses menggambar jika pikiran mulai mengembara kemana mana coba fokuskan kembali ke mandala yang digambar. Biarkan desain menari-nari di pikiran dan tertuang dengan bebas di mandala tersebut.


Nah bagaimana, para beginner mandala, apakah sudah sedikit mengerti mengenai mandala? Kalau sudah mengerti mengenai istilah MANDALA, sekarang kita coba untuk membuat mandala tersebut.

1. Mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan
Dalam menggambar mandala dalam bullet journal, ada beberapa peralatan yang wajib digunakan atau dipersiapkan, yaitu: busur, jangka, pensil, penghapus, dan bolpoin warna ataupun pensil warna bahkan bisa menggunakan brush pen. Dan tentu saja membutuhkan kertas untuk membuat mandala.


2. Gambar lingkaran kalian
Pertama yang dilakukan adalah menggunakan jangka (merk apa saja) atau jika tidak punya jangka bisa menggunakan tutup kaleng besar (use anything which is available around you). Beberapa orang suka mengukur dengan menggunakan penggaris untuk menentukan garis tengah dari lingkaran. Tetapi saya langsung saja membuat lingkaran sesuai keinginan.

3. Ukur derajat pada lingkaran
Dalam hal ini, kita menggunakan busur. Jika mempunyai busur yang 360o sangat menguntungkan, mengingat bahwa kalian akan membagi lingkaran yang sudah dibuat menjadi beberapa bagian sesuai keinginan. Saya biasa membagi lingkaran menjadi bagian yang besar sudutnya 11,25o. Mengapa kok sampai kecil sudutnya? Karena menurut saya ini membuat mandala menjadi rapi. Tetapi kalian bisa menyesuaikan dengan keinginan kalian sendiri. INGAT, membuat garis garis pada mandala menggunakan pensil yang tipis saja agar tidak mengganggu tampilan dari mandala.




4. Gambar lingkaran lain
Setelah membagi lingkaran menjadi beberapa bagian sesuai keinginan, dilanjutkan dengan menggambar lingkaran lain di dalam lingkaran yang sudah digambar tadi. Hal ini ditujukan agar memudahkan kita membuat pola yang simetris.

  
5.Mulai menggambar pola kalian
Disini pastinya menggunakan imajinasi kalian sendiri. Seperti yang telah saya katakan pada postingan blog sebelum-sebelumnya, bahwa awal kita pasti susah menemuka ide pola, nah mari kita melihat lihat mandala yang sudah jadi, dan kita contoh pola pola dan mix semuanya. Paling banyak, mandala dalam bullet journal isinya pola pola kelopak bunga maupun helai bunga.



6. Mulai menggambar pola di sekelilingnya
Setelah memulai gambar pola di tengah lingkaran, mulai menggambar pola lain di sekelilingnya. Tambah terus hingga memenuhi lingkaran tersebut.





7. Tambahkan perbedaan ketebalan pada pola
Dalam menggambar mandala ini, bisa menggunakan berbagai macam ketebalan pena, disini saya menggunakan staedtler fineplus liner dan micron pigma berbagai macam ukuran.

8. Beri atau isi pola yang kosong
Setelah kita menggambar pola besarnya, pasti di antara pola pola tersebut banyak yang kosong, jadi kalian bisa mengisinya dengan pola lain yang kecil-kecil. Semisal titik titik atau serat daun dan lain lain.


9. Hapus pensil yang telah digunakan





Berikut adalah hasil mandala yang sudah jadi secara keseluruhan. Bagaimana menurut kalian?? Tertarik mengikuti cara yang sudah dijelaskan diatas?? Selamat mencoba BuJo Lovers. Oya mandala ini bukan hanya untuk BuJo lovers, tetapi bisa digunakan oleh semua orang. Selamat berkreatifitas di buku anda...

Salam BuJo Lovers




No comments:

Post a Comment