Tuesday, October 3, 2017

BuJo 911: Mood Tracker


Dalam menggunakan Bulet Journal, pasti pernah mendengar kata mood mandala. Mood Mandala page adalah halaman dimana berisi bagaimana mood kita pada hari itu dan kita mempercantiknya dengan memasukkan unsur mandala di dalamnya.

  
Gambar diatas adalah salah satu contoh mandala dalam tracker page.

Sebenarnya mood itu ada apa saja? Nah untuk itu postingan kali ini menunjukkan kepada kalian sebenarnya mood itu apa dan yang termasuk mood itu apa saja.
Baiknya kita mengetahui apa itu mood. Mood adalah suasana perasaan yang bersifat pervasif dan bertahan lama, yang mewarnai persepsi seseorang terhadap kehidupannya.


  
Secara garis besar, mood dapat dibagi dalam 11 kelompok, yaitu:
1. Mood Eutimia.
Ketika suasana perasaan di rentang normal, kamu memiliki penghayatan perasaan yang luas dan serasi dengan irama hidupmu. Jadi ketika suasana senang, kamu senang, begitu sebaliknya.
2. Mood Hipotimia. 
Ketika suasana perasaan secara pervasif diwarnai dengan sedih dan murung. Tenggelam dengan kesedihan. Mereka yang mengalami mood ini, secara subjektif mengeluh tentang kesedihan & kehilangan semangat. Dan secara objektif terlihat sikap murung dan lamban.
3. Mood Hipertimia. 
Ini lawannya Hipotimia. Ketika perasaan diperlihatkan dengan semangat dan gairah yang berlebihan terhadap aktivitas hidupnya. Menjadi lebih hiperaktif,enerjik,semangat dan itu semua berlebih
4. Mood Disforia.
Menggambarkan suasana perasaan yang tidak menyenangkan. Diungkapkan dengan rasa jenuh,jengkel,bosan.
5. Mood Eforia. 
Perasaan gembira, sejahtera,sukacita,senang, yang berlebihan.
6. Mood Ekstasia.
Perasaan yang diwarnai kegairahan yang meledak-ledak. Konon sering terjadi pada mereka yang memasukkan zat psikostimulansia ke tubuh.
7. Aleksitimia. 
Ini kondisi dimana seseorang sulut menghayati suasana perasaannya. Emosi yang dangkal dan datar. Sulit mengungkapkan perasaannya. Misal, ia terlihat bersikap biasa saja ketika keluarga/sahabatnya berpulang. *kalau enggak salah ada novel berjudul ini*
8. Anhedonia.
Mereka yang mengalami ini, kehilangan minat dan perasaan senang dengan berbagai aktivitas hidup.
9. Mood kosong.
Biasanya ditemukan pada pasien skizofrenia kronis. Emosinya dangkal sekali. Sedikit bahkan tidak sama sekali memiliki penghayatan perasaan.
10. Mood labil. 
Sesuai namanya, perasaannya labil, berubah-ubah. Pergantian sedih,cemas,eforia, muncul bergantian tak terduga. Perasaannya seperti masukkin lagu rock,jazz,dangdut, lalu diputar dan shuffle.
11. Mood iritabel.
Perasaan yang sensitif, mudah tersinggung, cepat marah, reaksi berlebihan kalau ketemu situasi yang enggak disuka. 

Nah di dalam bullet journal, mood tracker (istilah umumnya) dapat dibuat dalam berbagai bentuk, diantaranya adalah adalah dalam bentuk mandala dan lain sebagainya. Berikut beberapa contoh mood tracker dari berbagai youtuber aau blogger.











Semoga bermanfaat. Dan terus berkreasi dalam Bullet Journal kalian...

No comments:

Post a Comment