Tuesday, October 10, 2017

BuJo 911: Gratitude Log

Jika kalian baru menggunakan Bullet Journal atau sudah lama menggunakan Bullet Journal, pasti sering mendengar Gratitude Log. Nah disini saya akan menjelaskan sedikit mengenai gratitude log dan berbagai design nya dalam Bullet Journal.


Menurut arti katanya “Gratitude” adalah terima kasih. Jadi dalam Bullet Journal, gratitude log adalah suatu halaman yang berisi ungkapan terima kasih terhadap apa yang terjadi dalam kehidupan. Ungkapan terima kasih tersebut dapat berupa gambat, kata, ataupun berupa kalimat.

  
Pertanyaan yang sering keluar di pikiran adalah “apakah gratitude log ini harus ditulis setiap hari meskipun saat hari tersebut merasa tidak ada yang menyenangkan?”. Gratitude log bisa dijadikan sebagai salah satu koleksi bulanan ataupun harian. Jika kita menginginkan menjadikannya sebagai koleksi bulanan, maka memang seharusnya setiap hari kita menuliskan ungkapan terima kasih. Namun, jika ingin menuliskan harian pada daily spreas, juga bisa dengan memberikan tempat untuk satu atau dua kalimat. Apabila hai tersebut banyak kejadian yang membuat hari kalian bad day, maka coba pikir solusi apa yang mengubag bad day tersebut. Semisal, kalian sedang flu berat, pasti dalam sehari tersebut tidak bisa melakukan segala sesuatunya dengan baik. Nah pasti kalian membeli obat untuk membuat flu mereda, Hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu gratitude hari itu. Contoh lainnya, semisal dalam hari tersebut, bos di kerjaan membuat kalian pulang terlambat untuk mengerjakan sesuatu, pastinya untuk memikirkan grateful pada hari itu akan susah karena sudah bad mood. Nah solusinya adalah dengan menuliskan bahwa hari itu telah menyelesaikan banyak tugas dan tidak beradu mulut dengan bos. Itu adalah beberapa contoh bagaimana menuliskan ungkapan terima kasih di hari yang tidak menyenangkan. Intinya adalah dengan memikirkan hal yang positif di hari tersebut.


  
Berikut adalah petikan dari beberapa ahli mengenai gratitude hournaling. Menurut Jessen, 2015. Mengatakan bahwa dengan gratitude journaling didapatkan beberapa manfaat, diantaranya:
1.       Dapat mengurangi level stress.
2.       Dapat membantu menenangkan jiwa, terutama pada malam hari.
3.       Dengan jurnal, dapat memberikan prespektif baru tentang apa yang penting untuk kalian dan apa yang sungguh kalian hargai di dalam hidup.
4.       Dengan menuliskan ungkapan terima kasih pada sehari-hari, kalian dapat mendapatkan kejelasan terhadap apa yang kalian inginkan lebih dalam hidup.
5.       Gratitude membantu untuk fokus dan mencari tahu apa yang benar benar baik untuk kalian.
6.       Dengan adanya halam gratitude, membantu kalian mempelajari tentang diri sendiri dan menjadi lebih mawas diri.
7.       Gratitude log ini adalah untuk kalian sendiri, jadi jangan takut akan anggapan orang lain terhadap diri kalian.
8.       Di hari dimana kalian benar benar sedih, kalian dapat membaca kembali gratitude di bulan sebelumnya dan mengingat hal yang baik yang pernah dilalui, sehingga rasa sedih berangsur berkurang.


Mungkin penjelasan diatas dapat digunakan bagi kalian yang akan memulai atau sudah memulai Sistem Bullet Journal tetapi masih bingung tentang gratitude log ini.
Berikut adalah tampilan design Gratitude Log yang saya ambil dari internet.










Gratitude Log



No comments:

Post a Comment