Saturday, November 17, 2012

Talking about Quilling Paper

Apa sih quilling paper?

    Paper Quilling adalah seni menggulung kertas yang telah dikenal di Eropa sejak abad ke-17 dengan nama paper filigree atau roll work. Pada saat itu, khususnya di Perancis dan Italia, seni ini banyak digunakan oleh biarawan untuk menghiasi ornamen-ornamen yang sifatnya religius.
    Pada pertengahan abad ke-20, seni menggulung kertas ini mulai dikenal oleh masyarakat luas dengan nama paper quilling. Keindahannya telah membuat pecinta seni & craft mengembangkannya dengan design yg indah & menjadikannya hiasan untuk kartu, pigura, dll. Di Indonesia, seni ini mulai meluas. Awalnya memang tidak begitu populer karena terbatasnya kertas siap pakai dalam beberapa ukuran dengan warna yang terbatas sehingga hanya bergantung pada kertas impor. Namun, sekarang sudah tersedia kertas lokal dalam berbagai ukuran & warna yang sangat menarik. Untuk melihat community di indonesia klik disini 

Alat :
1. Gunting


2. Cutter


3. Penggaris


4. Cutting Mat (alas untuk memotong kertas A4 warna kalau tidak punya kertas quilling yang sudah potongan atau tidak punya mini paper shredder)


5. Mini Paper Shredder (alat pemotong kertas)


6. Quilling Tool Neddle (alat bantu buat menggulung kertas)


7. Lem


Bahan :
1. Kertas Quilling (dalam bentuk potongan kecil-kecil, tidak perlu motong-motong lagi)


2. Kertas Spectra A4 (harus di potong dulu menggunakan cutting mat + cutter + penggaris/ mini paper shredder)



Beberapa contoh hasil karya quilling paper:


No comments:

Post a Comment