Tuesday, November 20, 2012

Hedgehog atau Landak mini


Pet?? Hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara oleh seseorang baik berukuran besar, kecil, ataupun sangat kecil. Tentu saja hal ini tidak mudah dalam pemeliharaan binatang tersebut. Hewan peliharaan yang paling banyak dijumpai adalah ikan, kucing, hamster, dan anjing. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk memelihara Landak mini atau hedgehog.


Mungkin binatang mamalia yang satu ini masih asing buat kita semua. Binatang ini pernah menjadi ikon film kartun atau games di tahun 90an yang berwara biru yaitu Sonic the hedgehog. Senjata sekaligus tameng mereka ada di seluruh permukaan luar kulitnya berupa duri berongga yang dapat mengeras dalam sekejap. Binatang mamalia ini  penakut oleh karena itu akan melindungi dirinya secara cepat jika merasa terancam. Untuk melindungi dirinya, mereka akan membuat badannya menjadi bola sehingga semua bulu akan berada di luar. Sama seperti mamalia lain, binatang ini adalah binatang menyusui dan susu merupakan makanan pertamanya sampai dia cukup umur. Sama seperti kebanyakan mamalia, mereka suka sekali mencium bau lingkungannya, dan bau yang sudah tidak asing bagi mereka akan di rekam sehingga mereka tidak lagi takut. Landak mini ini adalah pemakan serangga, dan mereka biasa berburu pada malam hari.


Berat rata-rata mereka antara 1/2 ponds sampai 1 1/2 pounds dengan panjang mencapai 8 inchi. Umur hidup mereka bisa mencapai 8 tahun, dan cenderung tidak mudah sakit dan tidak memerlukan imune khusus. Biarkan mereka berada dalam suhu kamar normal dan kering karena itu kondisi alami mereka. Sekali lagi, jangan samakan landak mini dengan spesies landak “purcupine” dimana duri landak mini tidak beracun dan tidak berbahaya.


Salah satu keunikan landak adalah warna dari bulu luarnya yang mempesona. Persilangan landak dapat menciptakan kreasi warna baru pada duri mereka.
Sering halnya masyarakat menyebut landak mini sebagai hewan pengerat (ordo: rodentia), namun sebenarnya berlawanan dengan keyakinan tersebut, landak mini bukanlah hewan pengerat. Mereka adalah kelompok hewan insectivora (organisme yang makanannya adalah serangga dan hewan kecil lainnya). Mereka sama sekali tidak berkaitan dengan landak jawa/hutan, meskipun penampilan yang agak serupa menyebabkan banyak orang salah mengartikan landak mini (hedgehog) sebagai bayi porcupine. Di habitat aslinya, landak mini cenderung memakaberbagai jenis serangga, tak hanya itu, tampaknya landak agak oportunis, dan bersedia untuk makan tikus kecil, reptil, burung bersarang tanah, telur dan fledglings, dan kadang-kadang potongan-potongan bahan-bahan tanaman seperti sayuran dan buah-buahan.


Landak mini pada habitat aslinya biasanya tinggal di daerah dataran, di daerah-daerah yang sering panas dan kering. Hidup soliter atau menyendiri pada kondisi normal, selain ibu-ibu dengan anak, dan pasangan selama perkawinan. Tiap individu dari mereka sering memiliki teritori wilayah tinggal/huni masing-masing dimana wilayah tersebut merupakan area basis pengembaraan hidup mereka. Betina landak mini lebih bersifat lembut, sering berbagi wilayah, meskipun tetap dalam kebiasaan terpisah. sedangkan untuk jantan, cenderung jauh lebih kuat/ketat dalam menjaga teritorinya, dan kurang toleran terhadap jantan-jantan lain yang menempati wilayah yang sama.

Jadi?? tertarik nih memelihara si imut yang lucu ini?? hadiah buat anak tercinta? tunggu postingan selanjutnya mengenai lebih lanjut tentang hedgehog ini...

For more information click here.. 
 

No comments:

Post a Comment