Friday, September 8, 2017

BuJo 911: Level 10 Life

 

Siapa yang tdak mengetahui tentang level 10 life ini?? Pasti ada yang asing dan ada juga yang sudah mengetahui ini. Intinya disini adalah, kita mengukur kepuasan diri kita di dalam setiap aspek kehidupan yang telah kita kelompokkan menjadi 10 bagian.



Pertama tama kita membuat lingkaran yang kita bagi menjadi 10 bagian. Setiap bagian merupakan kelompok yang telah kalian tentukan. Setiap kelompok mempunyai progress bar dari 1 sampai 10 yang diisikan sesuai seberapa besar kita puas dengan kelompok itu.
Bagaimana dengan cara pengisiannya?
Setiap 3 bulan (terserah dari keinginan kalian), mereview setiap kelompok yang telah ditentukan. Dan kemudian kita warna bar tersebut dan beri batas tebal pada akhir warna agar mengetahui progress setiap triwulannya. Begoitu seterusnya.

Kegunaan dari level 10 life ini adalah kita bisa mengetahui kelompok atau bagian mana dalam hidup yang perlu ditingkatkan. Dan sebagai tujuan utama dari spread ini adalah kita membuat perubahan positif di dalam kehidupan.
Perlu diketahui bahwa dalam membuat spread level 10 life ini, tidak hanya berupa lingkaran saja, tetapi bisa dalam bentuk diagram batang.





Berikut adalah Level 10 Goals yang saya pakai dalam bullet journaling. Dan bisa dijadikan referensi (dalam bahasa inggris):

1. Family & friends
Keep in touch, make plans with friend once a week, make an effort to be a better listener, be as supportive as i can to my friend in need.
2. Personal development
Read at least one new book every month, retreat, set personal goals at the beginning of every month & review them daily, focus on always being positive towards other, learn time management skills.
3. Spirituality
Keep a daily journal, go to church weekly, read bible routinely.
4. Finances
Saving more than Rp. 50.000,00 every week, decrease of using credit card.
5. Career & Business
Attending workshop or seminar, study hard for future, get more SKP, read more international journal.
6. Marriage
Do something fun together once a week, vacation just the 2 of us, say ‘i love you’ every day, keep the romance alive, cook together.
7. Fun & Recreation
Learn calligraphy dan hand lettering, recreation once a month.
8. Giving & Contribution
Volunteer in my local community, help a friend in need, no questions asked
9. Physical Environment
Frame and hang up pictures at home, re-decorate my home, organize more,
10. Health & Fitness
Gym routinely, Treadmill more, Vegetarian once a month.

No comments:

Post a Comment